Selasa, 27 November 2012

Penerapan Telematika
   Perkembangan telematika yang semakin canggih membuat mudah dalam pencarian informasi yang dibutuhkan. Komunikasi jarak jauh yang dapat mentrasmisikan sejumlah besar informasi dengan cepat dan dapat menjangkau seluruh dunia melalui sarana internet yang dapat diakses oleh semua komputer, kapan saja, dimana saja dan dalam berbagai cara, yaitu dengan perantaraan suara telepon, suara musik, huruf, gambar, dan data atau kombinasi-kombinasinya, sehingga dapat mempermudah semua pekerjaan dalam bidang apapun. Selain itu Telematika dapat sebagai penunjang semua usaha, baik dalam bidang pendidikan, sosial, ekonomi, budaya. Beberapa penerapan Telematika adalah e-goverment, e-commerce, e-learning, dan sebagainya.
 
   Pengertian Internet adalah jaringan komputer yang saling berhubungan antara yang satu dengan yang lainnya. Namun Pengertian Internet menurut para ahli internet adalah sebagai jaringan yang mengkoneksikan antara komputer dengan komputer lainnya yang menggunakan protocol TCP/IP, dengan menggunakan jaringan internet maka kita tidak susah menyambungkan komputer satu dengan yang lain menggunakan kabel atau sebagainya.
  • E-Goverment
    E-Goverment adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan pelayanan dan informasi bagi masyarakatnya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan.
    Dengan E-Goverment pemerintah dapat bekerja melalui sarana internet dengan tujuan dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan lebih mudah yang dapat di akses oleh komputer dimana saja , selain itu juga pemerintah dapat meningkatkan interaksi tidak hanya antar pemerintah dengan masyarakat tetapi juga sesama unsur pemerintah dalam lingkup nasional, bahkan internasional.
    Pemerintahan tingkat provinsi sampai kabupaten kota, telah memiliki situs online, contohnya adalah DPR, DKI Jakarta, dan Sudin Jaksel. Isi informasi dalam e-goverment, antara lain adalah profil wilayah atau instansi, data statistik, surat keputusan, dan bentuk interaktif lainnya.
  • E-commerce
    E-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik.
    Pada E-commerce semua kegiatan perdagangan dari awal sampai akhir seperti pemasangan iklan pada berbagai situs atau web, membuat pesanan atau kontrak, pembayaran, mengirim dokumen, sampai membuat claim.
    prinsip e-commerce adalah transaksi jual beli, wilayah E-commerce bisa sampai pada perdagangan internasional, seperti pengiriman software, perpajakan, perbankan, dan sebagainya, Contoh dalam kawasan E-commerce ini adalah toko online, baik itu toko buku, pabrik, kantor, dan bank (e-banking). Untuk e-banking, sudah banyak bank yang melakukan transaksi melalui mobile phone, ATM (Automatic Teller Machine – Anjungan Tunai Mandiri), bahkan membeli pulsa.
    Dengan E-commerce dapat sangat menunjang usaha kita dalam perdagangan, karena produk dan segala kualifikasi produk kita bisa dengan mudah diinformasikan kepada orang banyak.
  • E-learning  E-learning merupakan singkatan dari Elektronic Learning, yang merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya.
    contohnya adalah web kampus atau sekolah, hampir semua sekolah ataupun unversitas di indonesia memliki website sendiri, dengan tujuan dapat mempermudah pelajar atau mahasiswa mendapat informasi mengenai hasil perolehan belajar berupa nilai secara online, materi pelajaran, tugas, mempermudah pengiriman tugas, atau informasi yang dibutuhkan untuk proses belajar mengajarnya.
Penerapan telematika masih banyak lagi antara lain ada e-medicine, e-laboratory, e-technology, e-research, dan ribuan situs yang memberikan informasi sesuai bidangnya. Di luar berbasis web, telematika dapat berwujud hasil dari kerja satelit, contohnya ialah GPS (Global Position System), atau sejenisnya seperti GLONAS dan GALILEO, Google Earth, 3G, dan kini 4G, kompas digital, sistem navigasi digital untuk angkutan laut dan udara, serta teleconference. Candra Ikhsan

Sumber :
http://sat.uns.ac.id/index.php/it/4-pengertian-internet
http://blog.pasca.gunadarma.ac.id/2012/06/22/telematika-dalam-dunia-teknologi-informasi-dan-penerapannya-di-e-commerce-dan-lainnya/
http://ewawan.com/pengertian-e-government-definisi-e-government.html
http://www.binushacker.net/definisi-ecommerce-e-commerce-www-kotadingin-cc-cc.html
http://e-dufiesta.blogspot.com/2008/06/pengertian-e-learning.html
http://illnevergiveup.net/penerapan-telematika-di-berbagai-bidang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar